Baja Ringan, kukurangan dan kelebihannya

 
Penggunaan baja ringan sebagai  struktur rangka atap rumah saat ini sudah banyak digunakan orang dan pengembang perumahan. Tidak hanya pengembang kelas atas dan menengah, pengembang kelas bawah pun sudah mulai  menggunakan material yang satu ini. alasannya adalah karena harga kayu yang terus melambung sementara kualitasnya semakin menurun.

Selain pengerjaan baja ringan yang praktis dan tentunya kualitas yang bisa dipertanggungjawab -kan dibandingkan dengan kayu, masih banyak kelebihan dan keunggulan lainnya. Tetapi apakah semua itu akan selalu memberikan hasil yang sempurna? Jawabannya : belum tentu.

Ada faktor X yang dapat mempengaruhi hasil akhir hingga nilainya tidak mencapai 100% sempurna. Bahkan, dalam kondisi terburuk, rangka baja ringan ini gagal berfungsi dan membahayakan penghuni rumah. Berikut akan diuraikan hal-hal yang dapat menurunkan kualitas hasil pengerjaan baja ringan.

1. Dudukan Rangka Bermasalah
Sedikit banyak dudukan rangka mempengaruhi kinerja atap baja ringan. Jika dudukan miring, kuat tekan baja ringan tidak akan tersalur seimbang. Lambat laun, ini akan mempengaruhi kekuatan konstruksi. Jika terjadi ketidakseimbangan, kemungkinan ambruk sangat besar.

2. Cara Pemasangan Tidak Benar
Karena ini sebuah sistem, jadi pemasangan wajib tepat. Sedikit kesalahan akan membuat rangka tidak berfungsi. Jika diibaratkan rangka baja ini seperti sapu lidi. Benda ini tak bisa berdiri sendiri. Pemasangan ini harus didukung dengan gambar kerja, perhitungan beban, kualitas bahan, dan dipasang oleh ahlinya.
Pemasangan ini memiliki prosentasi keberhasilan dan kegagalan yang sangat vital. Jika salah, siap-siap saja atap ambruk. Tak peduli apakah itu sudah didesain dengan rangka yang benar, dihitung dengan beban atap yang maksimal, dan memakai bahan berkualitas, lambat laun akan ambruk.

3. Yang Memasang Bukan Ahlinya
Rangka atap baja ringan tidak bisa dipasang oleh sembarang orang. Hanya orang-orang terlatih (bersertifikat) yang bisa melakukannya. Hal ini karena struktur rangka baja telah dihitung secara tiga dimensi menjadi satu kesatuan. Andaikan ada satu saja pemasangan yang tidak tepat akan melemahkan struktur lainnya.

4. Kualitas Material Rendah
Jangan asal cari murah, tapi pakailah rangka baja ringan yang berkualitas. Ingat, rangka baja ringan itu posisinya diatas kepala kita. Jadi, jika Anda membeli rangka dengan kualitas rendah sama saja Anda menantang bahaya. Jiwa Anda dan keluarga dipertaruhkan? 

5. Beban Berlebih Tanpa Rencana
Jika Anda ingin menaruh beban berat seperti lampu gantung, pemanas air, toren, atau apapun yang akan ditaruh dan berhubungan dengan rangka atap, sebaiknya direncanakan dari awal. Jika tidak, dikhawatirkan rangka tidak dapat menahan beban berat dan mengakibatkan atap ambruk.

6. Jorok Saat Pemasangan Genting
Benar jika baja ringan bersifat antikarat. Dengan syarat lapisan antikaratnya tidak hilang. salah satu yang dapat membuat antikarat mengelupas adalah pada saat pemasangan genting. Jangan sampai terjadi banyak benturan antara genting dan baja ringan. Karena sedikit banyak akan menghilangkan lapisan antikaratnya. Lambat laun, karat ini akan menurunkan kualitas baja ringan

7. Lokasi Mempengaruhi Kualitas
Lokasi sangat mempengaruhi kualitas baja ringan. Orang yang berada di daerah gunung cenderung sedikit masalah jika dibandingkan dengan orang yang memakai baja ringan di daerah pantai. Ini terkait dengan korosi yang disebabkan air laut. Jika diasumsikan, baja ringan di daerah pegunungan dapat berumur 20 tahun sedangkan di daerah pantai hanya bertahan 10 tahun.

8. Bocor yang Lama Ditangani
Musim hujan datang, bocorpun mulai menerjang. Jika memang di rumah Anda mengalami kebocoran, segera cari sumber bocornya dan tangani. Selain dapat mengganggu aktivitas di area bawah, bocor juga memberi kontribusi negatif untuk material yang terkena tetesan bocor. Termasuk rangka baja ringan, karena akan menyebabkan karat.

(Sumber : Irfan Hidayat/Tabloid Rumah)





Artikel

Side Ad

Side Ad
material bahan bangunan

Pintu Pagar Otomatis

Mesin Pintu Otomatis

Popular Posts

Tentang Kami

Blog ini merupakan kumpulan berbagai tips tentang desain bangunan rumah maupun segala hal yang berhubungan dengan rumah, artikel tersebut kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet, ada sebagian yang kami cantumkan sumbernya dan mohon maaf bila ada juga yang luput kami cantumkan sumbernya, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua..